Lontong Balap Berteman Sate Kerang - Bramseeing

Bramseeing

Kulaporkan Apa Yang Kurasa

Terbaru

05 Desember 2008

Lontong Balap Berteman Sate Kerang

Surabaya. Kota yang satu ini emang gak ada matinya soal makanan. Baru aja kemarin perut ini disesaki oleh Soto Lamongan Cak Har, sekarang harus menanggung makanan khas lain yang namanya Lontong Balap. Penasaran kenapa namanya Lontong Balap? Menurut penjualnya (sok investigasi nih ceritanya), dulu tempat mangkal penjual lontong ini ada di daerah Wonokromo. Nah, seiring makin banyaknya si penjual makanan ini, maka setiap pagi sang pemilik dagangan harus berlomba-lomba memikul dagangannya dari rumah menuju Wonokromo. Mereka mengistilahkan “perlombaan” ini sebagai adu balap.
Tentu saja dengan harapan, siapa yang sampai lebih dulu pastinya bisa mendapat pelanggan yang lebih banyak. Jadilah si lontong ini mendapat nama yang menurut gue khas dan unik, “Lontong Balap”.

Terus, apa sih bedanya Lontong Balap dengan Lontong Sayur, Lontong Cap Gomeh, dan lontong-lontong lain? Jawabannya ada di cara penyajian, bumbu, dan tentu saja komposisi bahannya. Jika Lontong Sayur disajikan dengan sayur bersantan lain halnya dengan Lontong Balap yang lebih memilih kuah manis. Kuah ini ini dibuat dari petis khas Jawa Timur yang diberi air sehingga menjadi encer. Selain itu, lauk penyerta lain dari Lontong Balap juga unik, karena bertemankan oncom goreng dan toge yang sebelumnya sudah direbus. Oh iya, ada juga tahu goreng sebagai lauk lain yang pastinya bakal ikut menambah cita rasa dan tentunya menyesakkan perut.

Meskipun didominasi oleh rasa petis yang manis, Anda yang hobi dengan makanan pedas jangan dulu sungkan dengan makanan ini. Pasalnya, sambal yang menyertai si Lontong Balap ini ternyata bisa “menyulap” kuah manis tadi hingga memerahkan muka. Kenikmatan kuah lontong bernuansa manis pedas ini sangat pas diseruput saat disajikan hangat. Keunikan lain dari Lontong Balap ini adalah teman sajiannya yang bernama sate kerang. Kerang darah yang ditusuk rapi dengan ukuran tidak terlalu besar ini disajikan dengan sambal, bawang, dan kecap. Sehingga tidak heran jika kerang ini pun memiliki rasa manis pedas yang unik, sangat berbeda jika kita menikmati kerang dengan saus sambal bercampur parutan nanas yang juga memiliki nuansa rasa manis, pedas, dan sedikit asam.

Untuk menikmati seporsi Lontong Balap lengkap dengan sate kerang dan es Degan (kelapa muda) ini Anda cuma perlu merogoh kocek 6000 rupiah saja. Lontong Balap yang gue sambangi ini kebetulan terletak di jalan Jemur Andayani, tepat di seberang Kantor Pos. Kabarnya lontong balap ini dulu berada persis di depan Kantor Pos tadi, tetapi karena memacetkan jalan lokasinya harus dipindah tepat di seberang kali di depannya. Untuk menuju ke lokasi Lontong Balap ini sama sekali tidak susah. Jika meluncur dari Raya Darmo menuju SIER (Rungkut) melalui Jalan Ahmad Yani, maka ketika Anda menemukan Kantor Pos Jemur Andayani tengoklah ke sebelah kanan, tenda sederhana dengan spanduk bertuliskan “Lontong Balap” siap menyambut Anda. (brams)

Jam Operasional: 10.00 – 17.00 WIB

Skor (5 bintang = sempurna):
Rasa : * * * *
Lokasi : * * *
Harga : * * * * *
Pelayanan : * * * *


Lokasi:
Jl. Jemur Andayani
(Seberang Kantor Pos Jemur Andayani)
Surabaya

(Koordinat Bumi: lat: -7.3294113, lon: 112.7440381)


Peta:

View Wisata Kuliner in a larger map

3 komentar:

  1. Jadi ini, tujuan utama ditugasi ke SBY?? Buat wisata kuliner?? Mantaap sekali bung Bramskii.. ditunggu laporan menu-menu makanan lainnya. Jadi laper nih :)

    BalasHapus
  2. Ampun bang :D. Yah, namanya juga anak kost, tiada kata lain kecuali makan bang. Makanye maen-maen ke sini dong, ane traktir kupang deh heheheheh

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Halaman